Laabi's Blog











Detektif Conan (名探偵コナン Meitantei Konan?) adalah sebuah serial manga detektif yang ditulis dan diilustrasi oleh Aoyama Gosho dan diserialkan dalam majalah Mingguan Shōnen Sunday sejak tahun 1994. Serial ini menceritakan tentang Shinichi Kudo, seorang detektif SMA, yang tubuhnya mengecil akibat sebuah racun.

Detektif Conan telah diserialkansecara terus menerus di majalah antologi manga Mingguan Shōnen Sunday sejak tahun 1994 dan telah dikumpulkan dalam 68 volume Tankōbon sampai dengan Mei 2010. Dalam versi bahasa Indonesia, Detektif Conan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo yang telah menerbitkan sampai volume 57 sampai dengan Juni 2010.

Detektif Conan telah diadaptasi dalam serial animasi TV yang diproduksi oleh TMS Entertainment dan Yomiuri Telecasting Corporation yang masih berlangsung di Jepang karena mengadaptasi beberapa cerita dari manga. Serial ini juga telah diterbitkan dalam bentuk OVA, drama TV, spesial TV, 14 film animasi, beberapa permainan video, dan banyak barang yang berhubungan dengan Detektif Conan.

Nama serial Detektif Conan versi bahasa Inggris (di Amerika Serikat dan Kanada) adalah Case Closed. Nama-nama tokoh di Case Closed diganti untuk menghindari kesalahpahaman pembaca Case Closed.

SINOPSIS

Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan. Dia kemudian diberi minum racun misterius yang baru selesai dikembangkan yang ditujukan untuk membunuhnya, namun karena sebuah efek samping yang jarang terjadi yang tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti bocah berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya.

Untuk menyembukan identitasnya dan untuk menginvestigasi keadaan sindikat tersebut, yang selanjutnya dikenal dengan nama Organisasi berbaju Hitam atau Organisasi Hitam, dia menyamarkan namanya menjadi Conan Edogawa. Untuk mencari jejak sindikat tersebut, dia tinggal bersama dengan teman sejak kecilnya yang bernama Ran Mouri, yang ayahnya, Kogoro Mouri, merupakan seorang detektif swasta.Dia bersekolah di SD Teitan dan membentuk Grup Detektif Cilik dengan 3 teman sekelasnya; Ayumi Yoshida, Mitsuhiko Tsuburaya, dan Genta Kojima. Meskipun tubuhnya mengecil, dia tetap memecahkan kasus, biasanya dengan meniru suara Kogoro Mouri dengan alat yang diciptakan oleh tetangganya, Prof. Agasa. Kogoro Mouri, seorang detektif yang agak bodoh, awalnya bingung pada kemampuan memecahkan kasusnya meningkat secara mendadak, tetapi tidak heran karena ia senang karena ketenarannya yang meningkat. Ran Mouri pernah beberapa kali mencurigai bahwa Conan adalah Shinichi, namun karena kecerdikkan Conan, maka Ran pun percaya bahwa Conan bukanlah Shinichi.

Selanjutnya dalam seri ini, tokoh utama lainnya, Ai Haibara, muncul. Dia adalah seorang mantan anggota Organisasi Hitam, yang memiliki nama sandi “Sherry”, nama aslinya adalah Shiho Miyano, seorang ilmuan yang mengembangkan racun APTX 4869 yang membuat tubuh Shinichi mengecil.Setelah kakaknya secara kejam dibunuh oleh anggota Organisasi Hitam, dia mencoba keluar dari organisasi itu namun dia ditangkap.Dia mencoba bunuh diri dengan menelan pil APTX 4869, namun ternyata tubuhnya mengecil, dan dia berhasil kabur dari mereka.Dia kemudian bersekolah di SD Teitan dengan nama samaran “Ai Haibara”.Dia mengetahui identitas asli Conan dan membantunya dalam perjuangan Conan untuk menjatuhkan Organisasi Hitam.

Kemudian, Conan terlibat dengan FBI, dan mereka berhasil menangkap Kir, seorang anggota Organisasi Hitam. Kir kemudian diketahui merupakan seorang agen CIA yang menyamar, dan berjanju akan memberi informasi tentang Organisasi Hitam kepada FBI.Mereka kemudian mengembalikan Kir ke organisasi tersebut. Kemudian, dia memeberitahukan kepada FBI bahwa di Organisasi Hitam ada seorang anggota baru bernama sandi Bourbon.

TOKOH

Serial Detektif Conan menampilkan tokoh-tokoh ciptaan Gosho Aoyama. Alur utama cerita ini berlatar belakang tempat di Jepang, dengan penggunaan nama-nama tempat sungguhan seperti Tokyo dan Osaka, tetapi juga menggunakan nama tempat fiktif seperti Kota Beika dan Kota Haido. Versi Funimation Entertainment (di Amerika Serikat dan Kanada) memiliki sejumlah perbedaan nama tokoh dengan versi asli.

MANGA

Jilid dari manga Detektif Conan ditulis dan diilustrasikan oleh Aoyama Gosho. Di Jepang, Detektif Conan telah diterbitkan di Weekly Shonen Sunday-nya Shogakukan sejak tahun 1994. Sejak premier Detektif Conan, lebih dari tujuh ratus bab telah dirilis di Jepang. Masing-masing bab (file) dikumpulkan oleh Shogakukan dalam serangkaian volume Tankōbon. Jilid pertama ini dirilis pada 18 Juni 1994; sampai dengan 18 Agustus 2009, enam puluh lima volume telah dirilis.Viz Media (penerbit Detektif Conan dalam versi Amerika Serikat dan Kanada) merilis volume pertama pada 7 September 2004, dengan tiga puluh dua jilid dirilis per 27 November 2009. Elex Media Komputindo merupakan penerbit Detektif Conan dalam versi Bahasa Indonesia.

Ada 3 edisi Detektif Conan yang diterbitkan di Indonesia (oleh Elex Media Komputindo), yaitu:
Detektif Conan edisi reguler berupa volume berbentuk tankobon yang isinya telah diterjemahkan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia.
Detektif Conan Edisi Spesial yaitu edisi yang setiap bab (file)-nya berisi 1 kasus dan kasus- kasus tersebut adalah kasus yang pendek.
Detektif Conan Seri Animasi TV

ANIME

Episode dari serial anime Detektif Conan diarahkan oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh Tokyo Movie Shinsha dan Yomiuri Telecasting Corporation.Lima puluh episode dari serial Detektif Conan Bahasa Inggris disiarkan di Cartoon Network sebagai bagian dari blok program Adult Swim pada 24 Mei 2004 sampai Januari 2005 dan telah dihentikan karena rendahnya popularitas.

Pada Juli 2009, 17 bagian dan 143 total volume telah dirilis oleh Shogakukan.Lima kotak koleksi DVD dari adaptasi Inggris dari anime telah dirilis oleh Funimation Entertaiment dan berisi lima musim pertama dari anime.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera